LELAKI KUDU KUAT UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN WANITA JAMAN NOW




Melancong kemana lagi kita?
Assalamualaikum...
Hello...

Tidak diragukan lagi bahwa manusia adalah makhluk yang sering kali menghakimi orang dari penampilan fisik manusia lainnya dari apa yang terlihat oleh mata.
Eh iyaa bahkan kita sendiripun sadar gak sering menjugde orang dari apa yang mereka pakai?
Ya, penampilan seakan menjadi tolak ukur pertama terhadap seseorang saat pertama kali kita temui. Padahal aslinya tidak seperti itu.

Maka pembahasan tentang Penampilan ini sangat menarik menurut gue. Apalagi dengan perkembangan zaman ini, selera semakin berubah dan kebutuhan akan pemenuhan penampilan semakin banyak. Kebetulan gue adalah wanita, maka gue akan bahas Wanita dan Penampilan yang sangat erat kaitannya.

Dari jaman ke jaman selalu berubah tren atau cara manusia dalam menjalani kehidupan. Termasuk soal style penampilan dan busana yang populer di setiap masa. Karena dari sini, siapa pun bisa mengekspresikan diri. Dulu, para Wanita indonesia biasa pakai kain, kebaya, baju adat dari tumbuhan dan stagen yang ketat. Namun makin ke sini, gaya pakaian pun semakin simpel karena banyak wanita yang menjadi aktif dan menyesuaikan dengan kegiatan wanita pada masa sekarang.


Mode pakaian wanita yang paling simple, baru yang ke kantor aja, belom yang ke pasar, tidur, arisan, belanja, ke pesta, ke rumah mertua.. dll


Pakaian Cowo, Kalo gak kemeja ya kaos. Polanya kitu aja ampe sangkakala berbunyi..

Baju wanita itu semakin banyak macam dan modelnya.
Dari rok, dress, celana pensil, hot pants, celana kulot dan apala apalaa, dibanding lelaki yang modelnya monoton dan itu itu saja (Bisa dibandingkan di atas yaa dengan mata terbuka) Juga pasti banyak brand yang menjual pakaian dengan range harga menyesuaikan kelasnya masing-masing dari kelas atas, menengah, menengah kebawah atau yg low price.


Gue kasih contoh terdekat.

Mama gue sendiri. Iya.. dia hobby banget koleksi baju kebaya. Saking banyaknya kebayanya itu satu lemari kaca besar diisi sama kebaya semua.
gue heran sebenernya itu kebaya itu mau dipake kemana sih. Hampir tiap bulan mama gue pasti beli bahan untuk dibuat kebayaa. Sampe suatu hari ada temen gue yang maen ke rumah dan melihat koleksi emak gue di dalam kamar. Dia langsung bilang ke gue..
“Emak lo buka butik?”
“Kaga! ga tau tuh emak gue kerjaannya bikin kebaya. Kayak jadi makanan sehari hari. Padahal juga tu baju gak dipake buat tiap hari kan?
“iya yaaa..” (temen gue mikir keras)
Positive Thinkingnya emak gue buat baju kebaya buat dateng ke nikahan anak temennya, kerabat atau saudara. siapa tahu bisa promote anaknya yang lagi krisis jodoh. eaaaa....

Yah maybe emak gue tadi cuma contoh kecil yang kelihatan langsung, gak tau deh emak-emak orang lain. bisa jadi ngumpulin tas, sepatu.. atau syukur2 emas kan? sekalian buat investasi.
Temennya emak gue malah ada yang ngumpulin tas tas branded yang harganya tentu gak murah, atau ada lagi yang koleksi perabotan rumah kayak lemari khas palembang (aka disebut rek) atau barang2 antik pada jaman dahulu yang terbuat dari kuningan. hmm.. sesungguhnya itu tidak terlalu penting.
Coba ada gak disekitar kalian?
waaaa.. banyaaaaakkkk.. mungkin banyak juga yang gak pentingnya.


Noh makan Noh Supreme

Ada contoh lain nih.
Gue pernah berbagi cerita sama temen gue…
Dia cerita tentang salah satu temenya yang HOBI banget beli baju branded ala-ala anak hypebeast. Maybe yang harganya di atas setengah jeti hanya untuk baju kaos doang. Padahal sih budget yang dipunyapun pas pasan buat mamam. Gak ada tuntutan pekerjaan juga untuk dia memakai pakaian yang high class tersebut. Tapi hanya karena GENGSI. Omaygad.. bisa gue temukan kata lain selain GENGSI?

Temennya ini untuk beli baju-baju itu rela kredit atau bahkan meminjam uang dari temennya..

Yaa ampun.. gue hanya menelan air ludah sambil berbisik di dalam hati "jangan sampai gue melakukan hal yg seperti itu juga"


DISKON MANA DISKON! AKU BUTUH DISKON!!!

Lagi nih gue jadi inget fenomena unik di sekitar gue. Waktu itu ada diskon besar2an merk sepatu terkenal di salah satu mall besar jakarta. Itu saking Hypenya brand sepatu tersebut, orang membelinya dengan "gak nyantai". Sampai selesai acara diskon besar itu, ruangan tersebut kacau-balau seperti habis terkena angin puting-beliung. Hanya gara-gara apa? Mengikuti trend. yap!  itu saja. 

Padahal nilai gunanya tidak seperti yang mereka perjuangkan yang rela desek-desekan dan rebutan dengan orang lain, 
pikirnya "mumpung diskon gede, dengan harga miring bisa beli sepatu mahal". 
Itu hanya untuk memenuhi kebutuhan batin akan gengsi yang sudah dibentuk oleh tren.

Sepertinya sekarang penampilan itu seakan menjadi tolak ukur orang untuk terlihat gaul atau keren dimata orang lain. Memperbaiki citra. Mengangkat derajat atau bahkan agar selalu menjadi trendi di antara yang lain. 


Apalagi marak di akun-akun sosmed Popular contohnya IG (Instagram) berjamuran akun akun referensi  fashion ala-ala yg berkiblatkan style orang barat, dan semua pun mendadak Selebgram. Dari anak kecil tanggung sampai yang dewasa yang kita sebut saja generasi milenial.
Modusnya ingin jadi Influencer/selebgram yang terkenal dan bisa dicontoh. siapa tau dapet endorse.

Sesungguhnya manusia itu kebanyakan hanya mencontoh dari perilaku yang mereka anggap itu sedang tren atau keren. 

Telur..telur ulet ulet..kepompong kupu-kupu.. Kasian deh lu

Gue sering merhatiin juga banyak wanita yang rela susah hanya untuk terlihat oke di mata orang lain hanya untuk menunjang penampilan. Memakai high heels, baju ketat atau sempit, rok pendek dan sebagainya yang sebenernya untuk skala kenyamanan itu tidaklah nyaman. Tetapi untuk menunjang penampilan dan agar menjadi pusat perhatian rela memakai itu seharian. 
OEMJI… Gue gak pernah seniat itu kecuali jaman wisuda (Itupun terpaksa). Sedangkan gue yang pecicilan ini memakai baju sesuai dengan apa yang gue nyaman memakainya, karena gue pikir ngapain gue susah-susah pake yang nyusahin, kalau yang nyaman dipakai masih banyak. Yakali Hidup gue udah cukup berat.. masa iya pake baju yang ikut nyusahin juga (So SAD)
Syantik kan dede baaang..

Well selanjutnya satu lagi item yang PENTING untuk menunjang penampilan dan akhir akhir ini marak banget yaituuu.. Make Up!

Gue gak tau ini sudah marak dari dulu atau cuma perasaan gue aja sekarang semakin banyak banget brand make up dari Produk High End sampai yang Lokal. 
Nah jadi semakin banyaknya wanita yang mulai tertarik dengan make up, sampe anak SMP pun udah lebih lihai berdandan dibanding gueh yang culun ini. Jadi inget dulu SMP boro-boro kenal make up, pake Handbody aja gak pernah. Mana kerjaannya maen di luar, udah keling, berkeliaran, Idup pula.

Maka karena banyaknya wanita yang minat untuk mempercantik diri, jadi banyak bertebaran beauty blog, vlog, Beauty gram, yang semakin membuat orang mendambakan make Up melebihi apapun.
Yaa untuk yang udah terkenal sih memakai brand produk endorse yang tentunya mahal dan dikasih dengan cuma-cuma untuk strategi pemasaran produk tersebut.  Nah kalo yang buat konten dengan beli produk modal sendiri? 
tujuannya hanya untuk terlihat cantik dan mengundang orang untuk mencontoh (Sesungguhnya Semua wanita itu cantik). dan yang diuntungkan jelas yang jualan kan? Rezeki tahun ini untuk yang punya brand make up.

Iyaa sih make up juga menunjang penampilan.. tapi ya hayoo girls. Belilah yang sesuai kemampuanmu saja. kita juga tau ada barang ada harga. Tetapi kalau membeli yang mahal untuk make up yang tidak dipakai setiap hari kan sayang. Malah kelewat expired sebelom dipake. So sad. Sungguh kemubaziran yang tidak perlu.
Padahal yaitu tadi.. hal yang kayak gitu seharusnya sesuai kebutuhan dan Profesi aja. But, buat anak sekolah itu gak penting-penting amat. Mending Urusin nilai Sekolah lu dek.. UN makin susah (Celotehan emak-emak).

Kalau kayak artis atau model ya wajar mereka banyak memiliki pakaian atau koleksi dengan make up mahal ya karena tuntutan kerja mereka. Mereka juga harus di tuntut untuk fashionable dan menjadi public figure di masyarakat. Mereka gak bisa asal pake baju. Jadi sebenernya menurut gue… kebutuhan akan penampilan itu tergantung skala prioritas dan kebutuhan orang tersebut.
dan gue perhatiin nih, cewe jaman sekarang lebih banyak berpikir: Terlihat kece itu akan lebih baik dibandingkan menabung untuk masa depan.


Hayuk Kita Berhitung Kira kira Berapa Rupiah untuk menunjang menampilan wanita jaman now.

-Baju Merk Supermii : 2,5 jeti kali yee.. cicil mobil wee..

-Celana Tren            : hmm. 1 Jeti?

-Sepatu Hype           : 1,5 Jeti gak yaa

-Jilbab ertong           : 200 rb lah yee, ada yang lebih?

-Tas keceh               :.. ada yang tau?

-Make Up ala Beauty Vlog : all ya, make up bold ya.. kira2 1 jeti buat di pake berkali kali.. Kalo di totalin?? sekali berpenampilan 6 Jeti ye gak? itu bisa buat cicil rumah tipe menangah gak sih. wkakaka..

Jadi Kenapa lelaki perlu Bekerja Keras Memenuhi kebutuhan wanita jaman Now?

-karena kalo lo susah. kasian bini lu cuma bisa mengelus dada dengan mupeng dan berdoa di dalam hati agar bisa beli apa yang dia pengen. terus dia kepikiran... terus kebawa badmood. terus lu dimarahin. terus kalian jadi sering berantem. (fix hidup lu gak tenang)

Maka solusinya: carilah wanita yang tidak terlalu memikirkan penampilan. SEKIAN!


Note Penulis:
Gue juga Cewe, gue bukan manusia sempurna. gue cewe normal yang kadangkala doyan belanja..apalagi yang namanya sepatu, intensitasnya udah ngalahin kayak beli gorengan saking seringnya. dan akhirnya gue mikir, kalau yang berlebihan itu pasti gak baik.
Maka dari itu tulisan ini untuk bahan renungan gue juga. wkwk.


Source Image By: 
https://id.pinterest.com/

https://plus.kapanlagi.com/konyol-orang-orang-ini-mirip-dengan-sesuatu-67e1c5-3.html

Komentar

  1. Kalo menurut sha sih, selama duitnya "ada" gak masalah. Tapi kalo jatohnya, tabungan pun gak ada. wah udah keterlaluan apalagi sampe ngutang wkwkwkw
    amit2 deh yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kalo duitnya "ada" lebih dan gak mengganggu keberlangsungan hidup mah bebas.
      tapi kalo yang buat mamam aja susah kan kasian hidup ngutamain gengsi aja. :(

      Hapus
    2. Yang penting si perempuannya juga saling ngerti, disaat ada ya oke, dan disaat nggak ada juga bisa memahami. Bukan begitu, Teh Tri..hehe

      Hapus
    3. Yaaapp bener bangeet..
      kalo gak ya saling mengontrol aja. misal cewenya boros ya cowonya yang ingetin, begitupun sebaliknya.

      Hapus
    4. Iya, intinya sih saling mengerti, ada masalah bisa dibicarakan dan cari solusinya. Toh kalau udah dewasa ngerti lah..he

      Hapus
  2. Kebetulan gua adalah cowok yang apa adanya, sepatu 1 udah dijahit beberapa kali, baju koas polos ditambah kemeja kotak-kotak dan celana semi robek sampai ke resliteng ckck, jadi apa ada cewek yang mau apa adanya juga ? Ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh..salute di jaman skrang yang apa2 kepentingan tersier yg harus diutamakan mas masih ttp sederhanya dan "apa adanya" :D
      iya pasti ada, tapi gak "banyak" hehe.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer