Oh! Begini ternyata sebagian kecil sifat orang di Dunia Kerja!

Halohaaa blog...
Gue dateng lagi nih setelah sekian lama vakum dari dunia per-blog-kan *Apa ini? oke lanjut.



Bulan November tahun kemarin menjadi bulan yang menyenangkan bagi gue. Ada angin baik yang datang saat gue suntuk menjadi pengangguran. haha. Iya sebelum mendapat kerja ini gue jadi pengacara kelas berat (Pengangguran banyak acara). 
Jadi jadi gue ditawarin untuk gabung di Pengerjaan Proyek eksterior suatu badan Keuangan yang baru. Gue seneng lah.. Bakal menyibukan diri dengan kegiatan yang baru yang jelas gue bisa mempelajari hal baru dan masuk dunia kerja sesungguhnya. Gak macem teori yang gue terima pas jaman kuliah dan lagi Bosnya juga baik banget.. dia bilang gue juga joinan sama kakak gue buat proyek ini.

Awal rapat ketemu sama ownernya sih sama kakak gue.. tatapi karena kakak gue sekarang Maha sibuk dan tenaganya sangat dibutuhkan di kantornya.. jadilah dia mencari penggantinya untuk mengurus proyek tersebut bersama gue. dipilihlah temen kerjanya yang kebetulan kerja shift sehingga bisa kerja di proyek juga. kakak gue bilang dia sendiri yang menawarkan diri untuk bisa mendapatkan pendapatan tambahan.


Singkat cerita jadilah gue dan dia kerjasama pada proyek tersebut. Awal-awal gue agak gak nyaman kerjasama dengannya karna kakak gue kayak terobsesi buat jodoh2in dia dengan gue. Sampe semua tentang dia yang kakak gue tau di ceritain ke gue dan selalu baik-baikin dia. Lama-lama gue kudu terbiasa da gue menganggap angin lalu aja olok-olokan kakak gue.. yaa gimana orang gak tertarik sama ntu orang. walopun mau ditinggiin setinggi langitpun. Lagian gue udah punya pacar dan tentu gak ada ruang lagi. *eciyaaaela


Oke. Lanjut

Saat kerja bareng gue mencoba untuk memahami ini orang biar komunikasi kami baik dan begitu juga kerjaan yang kami lakukan.


Gue mulai terbiasa dengan kegiatan di kantor dan yang gue tau ini orang asik-asik aja. Tetapi semakin waktu berjalan..  ada yang agak aneh. Ini orang jadi pendiam dan gak ngajak gue ngobrol seharian padahal kita di ruangan yang sama. gue berpikir sih karena dia kurang tidur dan capek makanya dia diem aja. Wajar kan dia kerja hampir 24 jam dalam sehari. Bisa aja kan dia semaput kapan pun. Gue malah khawatir dia bisa pingsan begitu aja di proyek pas lagi kerja. Tetapi besoknya dia langsung baik lagi dan Care banget. Jadi banyak ngomong.. gue berpikir.. hmm mungkin dia habis dapat Jakpot makanya seneng banget dan baik sama gue sampe ajak traktir makan segala.

eeeee... tapi tapi.. 
Semakin lama semakin gue perhatiin moodnya cepet banget berubah. Kadang kalo nada gue ngomong tinggi dikit dia udah tersinggung dan bilang gue marah, padahal dari jaman orok dan bawaan tanah kelahiran suara gue gede begini. duh duh..
Pernah tuh suatu ketika gue bilang apa dia baik-baik aja karna gue ngeliatnya dia kayak punya beban gitu. Ini ntah karena dugaan gue yang salah dan gue yang terlalu sotoy dan membuat dia tersinggung. Padaha sih maksud gue biar gue bisa jadi pendengar yang baik kalo emang dia lagi ada masalah atau apa gitu.. emalah si om tersinggung. Omaygad. Dosa apa yang gue lakukan ke dia sampe segitunya.

Pernah lagi nih, suatu ketika dia jenguk keponakan gue yang sakit, terus karna saat itu dia baru potong rambut dan cepak pendek gitu.. semi-semi botak laa.. Jadilah gue bercandain dengan bilang Si botak. eee.. Dianya marah. Padahal orang se-ruangan itu pun tau nada gue itu bercanda dan sambil ketawa. Dia malah tersinggung dan bilang gue gak sopan. Oke emang gue akuin deh kalo gue gak sopan dengan tetiba bilang begitu... mulut gue emang suka spontan dan gak terduga. Tetapi tanggepan dia yang begitu bikin gue jadi takut untuk bercanda, langsung di anggap serius padahal tuh kalo dia lagi normal (berada di mood bagus) dia juga suka bercandain gue.. malah bisa lebih parah dari itu.
tetapi sehabis dari bentak gue gitu dia bisa dengan cepatnya ketawa-ketawa saat ngobrol sama kakak gue. Omaygad. kayaknya dia benci sama gue. 

Ada rasa bersalah gue setelah kejadian itu, sangking takutnya gue  kebawa mimpi. Jujur selama gue hidup 22 tahun baru kali ini gue nemu orang yang begini. Sebenernya sebelumnya juga banyak kejadian yang tak terduga sih, Intinya ini orang bisa berubah mood dengan cepat. Kadang bahagia banget sampe kita liatnya pun ikutan bahagia dan pengen buat perayaan selametan. kadang juga murung banget kayak besok gajinya mau dipotong.
So, what can i do ? Gue bingung dan gue sempet ada slek2an sama pacar gue gegara ini. Dia jadi sebel karena gue Peduli dan mikirin ini orang.
Jujur aja bukan karena tertarik atau apa.. gue cuma penasaran.. kok ada manusia yang begini? Apa di dunia kerja emang banyak orang yang bisa berubah sifat secepat ini? ntahlah.. 

ucet dah sabodo amat!
Dan analisa gue... 
Bukan nuduh atau apa.. mungkin gak sih kalo ini orang kena Bipolar Disolder? :/ 
Tau bipolar kan? Menurut yang gue searching nih:


Kondisi dalam kasus tersebut dapat digolongkan ke dalam bipolar disorder, yaitu jenis gangguan kejiwaan/ psikologis yang ditandai dengan perubahan mood (alam perasaan) yang sangat ekstrim. Istilah ini mengacu pada suasana hati yang dapat berganti secara tiba-tiba dan sangat bertolak belakang seperti dua kutub (bi-polar) berlawanan, yaitu positif yang berupa rasa bahagia (hipomania/ mania) dan negatif berupa rasa sedih (depresi) yang berlebihan.
Kutub positif (perilaku hipomania/ mania) adalah kondisi pikiran, perasaan, dan tingkah laku yang menunjukkan ekspresi kegembiraan berlebihan. Misalnya merasa banyak ide, paling pintar, menggampangkan permasalahan, yang kemudian menciptakan pikiran positif berupa perasaan bahagia berlebihan, tingkah laku terlalu gembira, dan terlihat menonjol. Pada tingkat perilaku hipomania, orang dengan bipolar disorder masih dapat mengendalikan diri, sementara mereka yang berperilaku mania sudah tidak dapat mengendalikan diri.
Sementara itu kutub negatif (perilaku depresi) adalah kondisi pikiran yang negatif, putus asa, dan tidak ada ide. Orang dengan depresi diliputi perasaan sedih, tidak bersemangat yang berlebihan, cenderung bertingkah laku pendiam, pemalas, dan tidak mau bersosialisasi dengan lingkungannya. 
Hmmm.. tuh kan. Bener!
eeiit eiit eeiiiittt...Udah tong udah spekulasinya!

Jahat juga gue nuduh kalo dia kena bipolar yaak.. Habis gitu amat sih. sensitifnya tingkat dewa. Gue yang cewe aja gak gitu amat sensitifnya.

Semoga aja itu orang cepet Intropeksi diri deh, Yakin gak enak banget kalo kerjasama dengan orang yang begitu. Moodnya gak bisa ditebak.. semood2annya temen-temen gue, seenggaknya gue masih bisa memahaminya. tapi yang ini? gak ada.. dan gak bisa. Gue belom nemu jawabannya. 

Gue heran kenapa kakak gue menilai dia bagus-bagus aja. atau mungkin karena muka dan tingkah laku gue yang icikiwir ini jadi bikin dia gak suka makanya dia jadi begitu? ntahlah.

Nah makanya itu tong. jangan belagu lu.. belom apa-apa juga. Intropeksi dulu sanah! *lalu penulisnya kabur*

Yang jelas gue juga harus Intropeksi diri. Ini mungkin langkah awal gue untuk bisa beradaptasi di lingkungan kerja yang baru dan lebih banyak menemui watak serta sifat-sifat orang yang berbeda-beda nantinya. Jelasnya gue kudu pintar dalam bersikap!.


 Kata engkong yang nulis quotes..

*ini kode buat mas pacar*


Eh.. salah quotes, malah yang baper bapeeer. Ini nih bawaan umur.. pengennya ke KUA mulu. Oke Lanjut.
yang inih maksudnyaaaaa...


Sooo.. gue juga kudu mengerti. gak semua orang bersifat baiiiik. Yakali aja sifatnya emang begitu dari jaman masih unyu. Gue yang baru kenal aja yang belom mengerti betul sifatnya gimana. Maafkeun dakuw Yaaa Allah sudah berfikiran  buruk terhadap mahluk ciptaanmu.. :( 

Udah deh gitu aja curhatan gaje gue selama kerja proyek ini. Dimanapun kamu berada apalagi di dunia kerja inih baik rekan kerja, bos, client atau siapapun dalam kehidupan ini kita tentunya akan selalu bertemu dengan orang-orang baru dengan bermacam-macam sifat. Jangan sungkan/gengsi untuk dapat mengenalnya lebih lanjut, apalagi jika orang tersebut adalah orang yang akan sering kita jumpai. Tak ada ruginya jika kita memahami dan mengerti sifat orang lain, Agar komunikasi dan hubungan sosial kita berjalan dengan lancar.. 
ya jangan kek gue gini malah jadi ghibahin orang karena gak nemu jalan keluar HAHA. udah ah sekian. bye!


Sumber tulisan yang digaring:
http://www.ekahospital.com/mengenal-bipolar-disorder/

Komentar

  1. Semoga gak sering ketemu orang yang begitu, Bae... bIar selalu ceria~

    http://wallpaper-gallery.net/images/i-love-you-images-hd/i-love-you-images-hd-7.jpg

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer