drean fantasy (cerpen)


epilog
”mama mau kemana??? cerry ga’ mau sendiri..” kataku menggenggam tangan mama erat.. mama melepaskannya lalu memelukku. ayah mengelus kepalaku.
”cerry. ayah harap kamu bisa jadi anak yang mandiri..!!” semangat ayah memeluk kami. kakak tampak menangis bersedih. aku tak pernah melihatnya sesedih ini.
”maafkan kakak ya cer. kakak ingin bersamamu lebih dari ini.. hiks..” kakak menangis pilu. kami semua berpelukan.
“kami pergi ya sanyang.. jaga dirimu baik baik!!” pesan mama meninggalkanku lalu mama, papa, dan kakak pergi lalu menghilang..

”jangaaaaan!!!!!!!!!”
”cer..cerry bangun!!” mayang menggoncang goncang badanku. akupun membuka mata dan melihat disekelilingku. teman temanku memandangku prihatin.
“mimpi aneh lagi ya??” Tanya k’dyto memegang tanganku lalu menghapus air mataku yang keluar dengan sendirinya. tyas, ela dan mayang memelukku.
”akhir akhir ini cerry aneh semenjak bunda memberikan liontin itu” keluh ela prihatin.
mengapa ya beberapa minggu ini aku sering sekali mimpi bertemu keluargaku. aku sekarang ingat wajah mereka. aku pernah bertanya pada bunda kemana orang tuaku. tapi bunda selalu menjawab ”mereka meninggalkanmu dan takkan pernah kembali, cer”. makanya aku jadi benci pada keluargaku. tapi semenjak seminggu yang lalu bunda akhirnya cerita yang sebenarnya karena dia menganggap aku sudah mengerti. dia menceritakan bahwa keluargaku meninggal kecelakaan 3 tahun lalu, tragis yah..!!. kata bunda hanya aku sendiri yang hidup tapi tak sadarkan diri dan mengalami lupa ingatan sementara. setelah dirawat di rumah sakit, bunda membawaku ke panti asuhan miliknya. lalu ia menemukan liontin ini. liontin yang ada foto kami sekeluarga.huuhh.. aku sediihh....
”cer. kami semua mengkhawatirkanmu. cerry sudah 3 hari ga’ masuk sekolah..”tyas angkat bicara. aku tersenyum lalu bangkit.
”aku akan sekolah hari ini. aku baikan koq. mau mandi dulu ya..” kataku pada mereka. wajah mereka yang tadi tegang mulai menampakkan senyumnya.  

setelah memakai seragam aku ke meja makan dan berkumpul dengan anak anak panti lainnya yang jumlahnya 15 anak itu. k’dyto masih saja memandangku prihatin. memang semenjak aku mimpi aneh, k’dyto selalu ada di dekatku. dia selalu menenangkanku dengan kehangatannya. k’dyto memang sahabat yang paling dekat, dia sangat perhatian padaku. dia kelas 1 d smp terfaforit bandung. dari sd k’dyto memang juara umum, dia gemar membaca, sehingga dia mendapat beasiswa d smp terfaforit tanpa membayar sepeserpun. kami semua bangga pada k’dyto. karna di panti dialah anak yang paling tua. dewasa dan pintar.
”dito, kamu makan gih. koq dari tadi ngeliatin cerry mulu..” kata bunda tersenyum. anak anak yang tadi asyik makan mulai memperhatikan k’dyto.
”dyto???” tegur bunda lagi..
”iya bunda..” k’dyto agak tersentak. lalu ia mulai memakan nasi dengan lauk seadanya. aku memandangnya sekilas lalu makan, akhir akhir ini tingkah laku k’dyto membuatku bingung. apa aku ada salah ya sama dia....??


”cer.. cerry,,..”suara mayang membuyarkan lamunanku. mayang dan ela menatapku bingung.
“pasti ngelamunin itu lagi..” keluh ela.
”cerry jangan membuat kami dan bunda sedih. kami tau perasaan cerry. tapi kalau cerry seperti ini kami ga’ bisa tinggal diam.!!” sambung mayang. lalu mayang mengibaskan rambut panjangnya.
”kita pulang yuk..” ela menyambut tanganku dengan senyumnya. aku mengerti maksud mereka. aku juga tau mereka sangat mempedulikanku. tapi aku juga tidak bisa melupakan keluargaku begitu saja.....

di bawah pohon mahoni aku duduk melamun melihat bukit tempat kami sering bermain. entah mengapa hari ini aku enggan tidur siang.., abis setiap mo meremm mas tyas ngorok!! sebel deehh.. kalau ketahuan bunda pasti aku dimarahin. aku yang mulai jenuh memainkan rumput rumput di bawah pohon itu lalu berguling di bawahnya. memandang awan awan yang bentuknya lucu lucu.. ... tuhan memang hebat yah...!!! J
srruuuukkk...
tiba tiba k’dyto duduk di sebelahku. aku agak kaget melihatnya. bukannya tadi kak dyto belum pulang..hhuuuhh.. kak dyto memang kayak hantu deh.!!! aku segera bangkit.
”cerry..kenapa kamu ga’ tidur???” tanya k’dyto tersenyum. aku balik tersenyum imutt.. (anak kecil bo!!)
”enggak. cerry ga’ ngantuk. mamas dyto sendiri kenapa baru pulang jam segini??” aku balik tanya karena dia kesini masih memakai seragam. k’dyto sendiri juga baru sadar kalau dia masih memakai seragam.
”hahaha... mamas lupa. mamas mengkhawatirkanmu. kamu sih ga’ tidur sama mayang dan ela.!!” k’dyto tersenyum lagi melihatku.
”cerry udah makan??” tanyanya lembut. aku mengangguk. lalu dia memberiku permen lolypop.
”anak manis.. lain kali harus kayak gini. jangan suruh suruhan lagi. okeh!!” k’dyto mengacungkan jempolnya. lalu aku tertawa.
”eh! emang aku anak tk yang dikasih lolypop kalo udah makan!! aku kan udah gede.. tapi makasih ya!!”kataku menyeruput permen di tangan kak dyto. k’dyto tertawa melihatku
”udah nyela permennya masih diambil lagi!!” katanya tertawa sesaat mukanya berubah serius melihat sepasang burung merpati hinggap di atas pohon.
”mamas sayang cerry” k’dyto memelukku. aku bingung sendiri.. aku juga sayang sama k’dyto tapi aku bungkam saat kak dyto memelukku tak bisa mengungkapkannya. dia berdiri lalu menarikku masuk kedalam rumah.
”ayo kita tidur... ntar malam kita ngerjain peer bareng.” katanya kembali ceria. huuh.. k’dyto aneh!!!
kami tidur bersebelahan rasanya nyaman sekali tidur sama kak dyto.. sesaat aku membuka mata.. kak dyto memandangku tajam lalu dia membalikan badannya karna ketahuan olehku.
”terlambat mamas. cerry udah liat!!” kataku menarik badan kak dyto. telinganya berubah merah.. aneh sekali!! pikirku tertawa kecil lalu kembali tidur.

minggu pagi yang cerah saat burung burung berkicau aku, k’dyto, tyas, ela, maya dan anak anak yang lainnya sudah bermain petak umpet di halaman depan.
”haha.. aji yang jaga..!!” teriak tyas. ajipun menyelungkup di dinding sambil menghitung. ”satu... dua...................................................lima ratus... tujuh ratus..”
”cepat amat udah nyampe tujuh ratus. ngumpet aja belom!!!” teriak dyto sambil ngumpet di belakang pohon mahoni tempatku ngumpet. ”mas dyto ngapain ngumpet di sini?? sana gih ntar ketauan!!” suaraku berbisik. k’dyto clingukan..
”sembulan ratus sembilan puluh sembilan...... seribu!!! aji akan dapetin kaliansemua!!!” teriak aji penuh ambisi.. dyto masih bingung. ”yaudah.. disini aja” kataku menarik tangan k’dyto.  kami ngumpet di balik pohon hati hati. jangan sampe ketahuan aji. kak dyto tampak tertawa kecil melihat aji yang kebingungan mencari mereka.
brrrmm.brmmm......   
mobil terios hitam masuk di pekarangan halaman. anak anak yang tadi asyik bermain terusik dengan kedatangan mobil mewah itu dan didapati aji satu per satu. sementara aku dan mas dyto masih ngumpet di belakang pohon besar yang rimbun dan banyak semak semaknya.
”cer. gimana keadaannya??” tanya mas dyto serius.  aku masih mengintip anak anak yang sudah di dapati aji.
”udah banyak mamas. apa kita keluar aja dari sini. di sini banyak nyamuk nih. badan cerry pada bentol bentol” desakku menarik tangan k’dyto
”jangan. ntaran aja. biarin si aji bingung nyari kita.” balas mas dyto mengintip.
”eemb. mobil mewah itu punya siapa ya mas. bagus banget. cerry pengen deh naik yang gituan.” aku melihat mobil terios hitam dengan penuh minat. dyto hanya melihatnya tertawa terkikik.
”yaya.. ntar kalo mas punya uang mas beliin deh..”balas dyto sambil tertawa.
”serius??”tanya ku berbalik melihat dyto penuh minat.
”serius amat.!! okeh deh, mas beliin.”
”janji yah!! kapanpun itu cerry tunggu..”aku mengacungkan jari tanda janji. dyto masih terkekek melihat raut mukaku yang serius.
”tapi harus ada imbalannya.”
”apa????” aku mengangkat alis. (aduh.. anak kecil suka banget deh janji palsu..!!)
”cerry ga’ boleh ninggalin mas dyto.”jawab dyto tegas memegang bahuku layaknya orang dewasa, waduh..gawat!.
”kenapa??” tanyaku dengan muka polos. Kak dyto menatapku lembut dan wajah mulai memerah.
”karna mas dyto suka sama cerry..”jawab dyto muka merah padam.  ”deg..deg..deg... jantungku berdegup kencang. aku mematung gugup di depan k’dyto. anak kecil kelas 5 SD?? udah main cinta cintaan?? kenapa enggak!!! lanjuuuut..............
sementara itu aji yang curiga mendengar bisikan di balik semak semak memeriksa di balik semak semak...sreek..srek..
 bluuussss....
lho!! keajaiban besar terjadi. dilihatnya dua pasang anak kecil yang masih polos bercumbu di balik pohon besar. gleeeg!!! aji hanya terpelongo melihat mereka berdua yang juga ikut ikutan bengong.
”BUNNNNDAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!” teriak aji mengundang teman temannya untuk segera datang ke bawah pohon. bunda yang kedatangan tamu juga ikut panik dan menyuruh bunda ami melihat aji. mereka sangka aji nemuin semut sebesar upil gajah kalii ampe teriaknya 5 oktaf mengundang irt beserta pak lurah.. lebay ahh., pokoknya berbakat deh jadi penyanyi keroncong prefesional tingkat RT, mungkin!!??.  
”ada apa ji??”tanya teman temannya. bunda ami yang keluar dari pintu belakang berlari ke arah mereka.
”kenapa ji..??”tanya bunda ami panik. aji hanya menggigit bibir. dengan muka serius plus pucat pasih kayak orang mo mati dia menyuruh bundanya menunduk. ”telinganya sini bunda. ga’ enak di dengar anak yang lain.” aji sok bersikap. diapun membisikan apa peristiwa yang dilihatnya.
”apaaaa!!”bunda ami teriak bikin gendang telinga anak anak pada jebol.
”iya bunda mereka bercumbu” kata aji polos menunjuk cerry dan dyto. dyto mengerling melihat aji dengan muka dendam. ”uuppss..kelepasan deh!! maaf ya kak dyto”kata aji menutup mulut dan berlari ke arah pekarangan takut dihajar dyto yang sudah ancang ancang ingin menimpuk mulutnya yang ember. anak anak pada bengong malah ada yang ga’ ngerti.
”cumbu itu apa bunda??” tanya anak anak polos tanpa dosa.
bunda ami langsung menatap marah aku dan mas dyto yang sempat sempatnya berpegangan tangan.
”DYYYTOOOO. CERRRYYY....., ikut bunda ke kamar!!!!!!” bunda ami marah menarik tangan dyto. cerry yang masih lugu itu diam tanpa bertindak melihat dyto diadili. waduuh... bunda ami mulutnya masih thu ngoceh ngoceh,, kayak bibik jamu yang sedang ngerumpiin pak rt aja.
”mau jadi apa kalian!!! masih kecil udah berani yang gituan!!!”kata bunda ami. di ruang tamu, sepasang suami istri menatapku tersenyum. lalu mereka pulang.

”dyto, kamu sekarang keterlaluan ya. bukannya melindungi adikmu malah melakukan perbuatan yang ga’ senonoh kayak gitu. apa bunda pernah mengajarimu hal semacam itu. belajar dari mana kamu??”bunda ami tak hentinya memarahi dyto. dyto hanya tertunduk.
”ami, dyto berbuat begitu pasti karena ada alasan. iya dyto??” sela bunda rose yang baik hati. dyto mengangguk keras.
bunda ami hanya mendecak.
”huuh.. bunda rose aja deh yang ngadilin dyto. bunda rose pasti lebih mengerti” ujar bunda ami tersenyum lalu keluar dari kamar bunda rose.
”kenapa?? ayo cerita sama bunda??” bunda rose tersenyum tulus. dyto mengangkat kepalanya.
”entahlah bunda, saat dyto dekat cerry. dyto gugup. dan kata temanku, dyto jatuh cinta. dan katanya lagi kalo kita suka dengan seseorang dibuktikan dengan ciuman supaya dia ga’ pergi dari kita.”jelas dyto lugu mukanya memerah. anak yang masih bau kencur ini mulai mengetahui apa itu perasaan suka. bunda rose tersenyum lucu. ”dyto... bunda tau kamu suka sama cerry. tapi dyto kan masih kecil. belum cukup umur untuk melakukan hal seperti itu. kalo dyto memang sayang dengan cerry. dyto harus memberikan perhatian pada cerry, menjaganya dan jangan sampe dia diganggu serangga jahat. ngerti??” ujar bunda rose memegang pipi dyto lembut. dyto mengangguk.
”tapi serangga jahatnya siapa bunda.??
”serangga jahat akan datang sewaktu waktu jika ia ingin mengambil cerry dari kamu.”ujar bunda lagi. ”berarti dyto harus siap setiap saat dong bunda”
”iya..”jawab bunda lagi. dyto tersenyum.
”okeh. dyto mandi sana, udah sore. nanti ajak adik adiknya dyto sholat magrib bareng di masjid yah.”pesan wanita paruh baya yang penuh kasih sayang itu.
”iya bunda” dyto mulai mengerti sekarang. dia keluar dengan muka legah..

”cerry, sini sebentar.” panggil bunda padaku yang sedang asyik bermain bersama ibel, tyas dan maya di halaman belakang.
”iya bunda..!!” cerry berlari mendekati bunda. ”ada pa bunda??” tanyaku lagi. ”bunda bisa ngomong serius sama cerry??” tanya bunda lagi. aku mengangguk setuju, bunda melangkahkan kakinya menuju kamarnya dan aku mengikutinya di belakang.
”sayang, bunda Cuma mau memberi tau cerry satu hal. ini demi kebaikan cerry. cerry maukan tinggal sama keluarganya cerry??”tanya bunda. aku menggeleng keras. ”cerry ga’ mau ninggalin teman teman cerry. cerry udah nyaman berkumpul bersama keluarga cerry di sini” mata ku berkaca kaca, aku ga’ mau pisah dari mereka, pikirku.
”ini demi kebaikanmu nak. cerry sakit karena cerry ingin ketemu keluarga cerry kan.. ya kan..?? bunda tau kalau cerry merindukan keluarga cerry”bunda mengelus lembut muka ku. tanpa terasa air mata perlahan mengalir di pipiku.
”cer, bunda tau kamu ga’ mau meninggalkan saudara mu disini. tapi ini demi kebaikanmu. kamu akan menggapai cita citamu kalau kamu ikut keluargamu” bunda tersenyum tulus, aku mengelap air mata yang kian deras mengalir di pipiku.

stttt....” cerry bisa ikut mas dyto sebentar ga’...,” bisik kak dyto padaku yang sedang belajar bersama maya, ela dan tyas.
”suit..suit..., mo ngapain lagi nih mas.. jangan jangan..”tyas menuduh dyto yang enggak enggak, mata dyto melotot ga’ setuju.
”ya enggak lah.., kalian juga harus ikut..” jawab dyto lagi. tyas, maya dan ela tersentak.
”ikut??? kemana??” tanya mereka barengan. aku tertawa melihat mereka.
”ayoo, ikut mamas..” dyto mengajak mereka membututi mas dyto. lalu dia keluar menuju pintu belakang dan berjalan menuju pohon besar dan bukit kecil di belakang rumah.
”mas. ngapain malem malem ke sini. kand ngeri mas...”keluh tyas dari belakang
”ada sesuatu yang mo mas tunjukin buat kalian..”balas dyto mempercepat langkahnya karna takut bunda ami, atau bunda rose melihat mereka.
setelah sampai di atas bukit kecil itu, sudah terpasang ambal dan lampu untuk menerangi.
”lihat.,..”ujar dyto menunjukan hamparan bintang bintang yang membentuk berbagai formasi yang indah. mereka semua terperangah kagum.
”cantik sekali..”cerry kagum, tyas, ela dan maya buru buru berbaring ke ambal dan sambil tiduran melihat bintang bintang yang indah, aku ikutan disusul dito.
”apa kita bisa liat bintang sama sama terus seperti ini ya... semoga deh”kataku membuat mereka terdiam dan menatapku tersenyum.
”kenapa cerry ngomong kayak gitu. pasti kita sama sama terus sampe tua.”sela maya menyemangati.
”iya,”sambung ela.
”harus itu!!! kita kan sahabat”tambah tyas tersenyum, aku kembali ceria..
”heii.heii... ada bintang jatuh!! cepet buat permohonan!!”dyto memecahkan canda tawa mereka. dengan cepat mereka memohon..
”aku ingin jadi cewek yang cantik dan kaya!!!”teriak maya antusias sambil menunjuk bintang,
”aku ingin sama sama terus sama mas dyto, mas tyas, cerry dan maya”teriak ela girang.
”aku ingin jadi dokter yang baik!!” tyas jingkrak jingrak. aku memejamkan mata dan mulai komat kamit, hehe...
”semoga aku bertemu keluargaku”
”cerry ga’ minta sesuatu dengan bintang jatuh???”tanya dyto saat aku membuka matanya.
”udah.. cukup di dalam hati.”aku tersenyum. dyto membalas senyumku dan menggenggam tangan ku, tangannya dingin sekali...
”cerry tau apa permohonan mamas??”tanya mas dyto padaku, aku menggeleng tidak mengerti..
”mamas Cuma pengen cerry”lagi lagi mas dyto mengatakan hal yang ga’ kumengerti. mas dyto selalu berbuat yang aku tidak mengerti..
tapi satu hal yang kumengerti darinya. ketulusan hatinya... 
terkenang kembali
semilir angin di bawah pohon sangat menyejukan. aku bersandar sambil memikirkan sesuatu yang sangat ku sesali, aku mendapatkan keluargaku kembali tapi aku kehilangan seorang yang sangat kucintai.
”mas dyto..”desisku memejamkan mata tak terasa air mata jatuh di pipi kanan dan kiriku. aku rinduu sekali sama mas dyto, maya, tyas, dan ela.
semuanya pergi ntah kemana saat kedatanganku kedua semenjak aku diambil keluargaku. panti yang dulu tempat tinggalku tak berpenghuni dan di segel. terakhir aku bertemu mereka saat kunjungan pertama aku kesana memang ada sesuatu yang aneh yang mereka sembunyikan dariku, mas dyto pun begitu dan terakhir kali aku bertemu dengannya, dia memberiku liontin bintang dan berkata ”mas dyto sangat menyukai cerry dan mas dyto akan selalu menjaga cerry dengan liontin ini”
saat aku pulang kembali ke jakartapun dia memelukku erat dan menangis. pertemuan terakhir yang menyedihkan...
aku menyesal kenapa saat itu aku tidak membalas perasaannya..
aku baru menyadari mas dyto lah yang terpenting bagiku.. aku sangat menyukainya, sampai sampai hatiku sakit mengenangnya kembali....

drdrdrdrdr....
aku menyadari hpku bergetar agak lama, aku bergegas mengangkatnya.
”hallo??”
”cerry, cepat kembali ya.. aku, riyz, ruvan, adit dan yuga menunggumu.” ujar wina ”iya” jawabku menutup telepon dan bangkit. wina adalah sahabat cewe satu satunya dia juga sepupu angkatku, dia sangat pengertian dan baik padaku.

saat aku kembali ke rumah wina, riyz, yuga, adit dan ruvan menungguku.
”kenama aja sih!!!”wina cemberut. aku tersenyum ”maaf, aku tadi ada kerjaan sebentar”kataku, mereka saling berpandangan.
”kerjaan apa? koq ga’ ngajak kami..”tanya riyz bete. dia cowo paling bebal dan rese’ tapi perhatian padaku dan juga baik.
”my secret pleace”kataku tertawa mereka tertawa.
”ih sesama sobat koq rahasia-rahasiaan.”sela adit tertawa yang lainnyapun ikut tertawa. ”mau kemana sih? kalo ga’ perlu aku ga’ ikut!!”kataku jutek, mereka mengeluh..
”yah.. koq ga’ ikut. ini nih cerry.. diajak bawaannya ogah mulu kalo ga’ penting.”cela yuga ga’ setuju. ”iya..”sahut wina ikutan nimbrung.
”cerry.. ayolah. kamu kand jarang ikut ma kita jalan bareng”bujuk riyz merangkulku, buru buru aku melepaskan tangannya dari bahuku.
”tuh kan dirangkul aja ga’ mau!!”katanya lagi ga’ setuju dengan sikapku.
”okedeh!!”kataku akhirnya melihat muka mereka yang penuh paksa.
mereka tersenyum lebar.

aku mungkin gadis yang egois dan sesukaku saja.
mereka memang teman yang baik sejak aku smp. saat aku pertama masuk sekolah, teman sekelas pada menjauhiku karena aku penyendiri dan tidak mau bergaul. saat saat itu berlanjut hingga kelas satu SMP. hanya satu orang yang mendekatiku dan ingin berteman denganku. yaitu riyz, tapi aku tak pernah mempedulikannya, lalu wina dipindahkan sekolah yang sama denganku dan kami sahabatan, dan rupanya riyz adalah teman surat kalengnya wina, lama kelamaan kami berduapun berteman dengan riyz dua temannya yuga dan adit. dan persahabatan itu berlanjut sampe sekarang. dan bersama dalam suatu ikatan sahabat yang disebut ”ricway” itu singkatan danri nama kami, riyz, cerry,wina,adiy dan yuga.
wina, dia cewe yang cantik dan modis. dia orangnya care banget dan pengertian, mungkin dia idaman cowo’ di sekolah. riyz, dia cowo’ bebal yang ga’ mempan di katain sedemikian rupa, tapi dia tuh orangnya melindungi dan baik. banyak cewe yang suka padanya karena parasnya yang hampir sempurna dan otaknya jenius!!, sedangkan yuga, dia cendrung jahil, supel dan pengertian juga, parasnya oke ditambah dia kapten basket sekolah, cocoklah dengan wina yang juga cealeders. dan yang terakhir adit, dia cowo aneh dan jailnya minta ampun, walupun dia ga’ seperfect ryiz dan ga’ setenar yuga, dia pintar komputer. mungkin hanya aku sendiri yang tidak menonjol di antara mereka, dan hanya ikut ikutan tenar bersama mereka. tapi mereka sama sekali tidak menganggap aku hanya ikutan tenar bersama mereka, itulah yang aku suka dari mereka.

bersambung....
sabar ya!! :D

Komentar

Postingan Populer