CONTOH USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA



JUDUL:
MAPENBOX (MARMER PENSIL BOX) DAUR ULANG SAMPAH KULIT TELUR MENJADI KOTAK PENSIL MULTIFUNGSI

A.  LATAR BELAKANG

Kotak pensil adalah kotak untuk menyimpan pensil. Kotak pensil juga dapat berisi alat tulis lain seperti penghapus, pena, pensil, tip-x, pensil warna, dan kalkulator. Kotak pensil pada umumnya dibuat dari bahan yang keras seperti plastik, aluminium, kayu, dll. Juga dengan dekorasi yang bermacam macam bagi pengguna kalangan anak-anak seerti gambar-gambar karakter khayalan.walaupun banyak kotak pensil yang sering dijumpai dapat dikatakan sebagai kotak untuk menyimpan peralatan ATK hanya sedikit yang memakai bahan dari pendaurulangan atau memanfaatkan berang-barang bekas. contohnya saja kulit telur.
Kulit telur dianggap tidak berguna dan di buang begitu saja menjadi sampah rumah tangga yang mengotori lingkungan. Padahal kulit telur bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kerajinan yang bisa dijual. Di sekitar lingkungan tempat tinggal saya, banyak sekali kulit telur yang dibuang begitu saja tanpa kegunaan. Padahal jika memanfaatkan barang bekas bukan berarti hasilnya buruk. Jika dibuat kerajinan tangan yang kreatif dengan hiasan yang menarik, kotak pensil dari bahan bekas bisa bernilai jual tinggi.
Oleh sebab itulah saya berinisiatif untuk memanfaatkan kulit telur ini menjadi kotak pensil multifungsi sebagai tempat pencil atau meletakkan benda-benda kecil lainnya, seperti accesories dan benda-benda kecil lainnya. Kotak pensil unik ini dihias dengan pecahan kulit telur dan disusun rapi hingga terlihat seperti kotak pensil dari hiasan pecahan marmer. saya menamai kotak pensil ini Mapenbox (Marmer pensil box).
Mapenbox  dimanfaatkan untuk meletakkan alat-alat tulis, koleksi  accessories seperti bros, dan benda-benda kecil lainnya.  Mapenbox juga bisa menjadi kotak multifungsi yang menarik dan variatif. Saya ingin menjadikan usaha ini sebagai usaha kreatif dengan memanfaatkan sampah rumah tangga.
Tampilan yang menarik dan berbeda dari kotak pensil pada umumnya menjadikan mapenbox sebagai salah satu kunci dari keinginan konsumen untuk membeli, selain unik harganya juga terjangkau serta menjadikannya sebagai benda yang bisa dipakai untuk semua kalangan dan dapat memberikan keuntungan yang berkelanjutan.



B.    PERUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang yang ada dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.     Bagaimana mengolah kulit telur menjadi kotak pensil multifungsi agar dapat bernilai jual?
2.     Bagaimana peluang bisnis produk tersebut di pasaran?

C.    TUJUAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN
1.  Memberi wawasan kepada masyarakat bahwa sampah kulit telur bisa dimanfaatkan menjadi kotak pensil multifungsi.
2.   Membuka peluang bisnis yang kreatif untuk mahasiswa.

D.    LUARAN YANG DIHARAPKAN
Menjadikan kotak pensil multifungsi ini sebagai solusi untuk memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual. Dengan mengunggulkan tampilan  yang unik dan menarik seperti marmer dan dengan berbagai motif yang bervariasi, saya yakin produk ini dapat menjadi salah satu peluang usaha yang memiliki prospek baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan


.



E.     KEGUNAAN PROGRAM
1.     Bagi Mahasiswa
Membangun jiwa wirausaha bagi mahasiswa sehingga dapat melihat peluang dan memanfaatkannya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis, dan dapat membuka peluang kerja.
2.     Bagi Konsumen
Dapat menjadi pilihan kotak pensil dengan tampilan  yang unik dan menarik seperti marmer dan dengan berbagai motif yang bervariasi.

F.     GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Kulit telur bukanlah benda yang sulit dijumpai, saya dapat memperolehnya dari sampah kos-kosan, warung burjo atau lamongan yang menyediakan menu telur. Kertas karton juga mudah ditemukan di penjual alat-alat tulis. Dengan kebutuhan masyarakat akan wadah untuk menaruh pensil dan alat-alat ATK diharapkan usaha ini pada akhirnya akan menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Selain itu dengan mudah didapatkannya bahan-bahan yang dibutuhkan dengan harga yang relatif murah bahkan kulit telurnya bisa di dapatkan cuma-cuma maka nantinya setelah selesai menjadi kotak pensil multifungsi akan mendapatkan hasil jual yang lebih baik sehingga lebih menguntungkan dan dapat berlangsung secara terus-menerus. Pangsa pasar kotak pensil multifungsi ini dikalangan kaum wanita lumayan besar apalagi dengan tampilan yang menarik dan unik yang berbeda dari kotak pensil pada umumnya. Selain itu juga memiliki berbagai fungsi yang tidak hanya sebagai kotak pensil tetapi juga sebagai tempat accesories, wadah sendok/garpu dan lain-lain. Sehingga kami berusaha memperkenalkannya ke khalayaksebagai salah satu pilihan kotak pensil multifungsi  yang memanfaatkan sampah kulit telur yang bernilai jual ke masyarakat.

 Analisis kelayakan bisnis / analisis dampak dan resiko usaha  ( SWOT  ANALYSIS )
a.                    DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
-  dapat membangun jaringan ketika pemasaran. Dalam proses pemasaran, kami akan melakukan kerjasama dengan pemasok, konsumen, dan beberapa pemilik usaha lainnya.
-  menjadi pesaing bagi usaha kotak pensil lainnya.
-  memperlancar perekonomian negara dengan memanfaatkan sampah menjadi bernilai jual.
b.                    ANALISIS RESIKO USAHA
- Penurunan permintaan terhadap produk yaitu ketika konsumen meragukan kualitas dari produk yang lain, maka akan terjadi penurunan permintaan terhadap produk.

c.                    ANTISIPASI RESIKO USAHA
-  Terus melakukan inovasi terhadap produk seperti membuat motif-motif yang bervariasi serta memperbanyak bentuknya.
-  Meningkatkan promosi.


G.    METODE PELAKSANAAN

1.     Proses Produksi
Dalam produksi produk ini saya melakukannya bersama teman mulai dari mencari bahan baku, pengolahannya, sampai dengan proses pembungkusan dan pemasaran produk tersebut sehingga sampai ketangan konsumen.

Bahan untuk memproduksi 30 unit :
2 kg kulit telur yang sudah bersih
2 kg lem kayu
20 buah kertas karton tebal, (10 meter)
7 kaleng cat Mowilex berbeda warna (masing-masing 500 gr)
6 botol cat pernis


Cara membuat Mapenbox
1.     Kulit telur direndam ke dalam air panas untuk membuang kotoran serta sisa telur yang masih menempel, setelah itu di bersihkan menggunakan sabun atau deterjen, agar kulit telur bersih setelah itu kulit telur dijemur.
2.     Membuat kerangka untuk kotak pensilnya menggunakan kertas karton tebal.
3.     Kulit telur yang sudah kering dipecah menjadi potongan-potongan kecil.
4.     Tempelkan potongan-potongan kecil dari kulit telur ke bagian kerangka menggunakan lem kayu dan disusun hingga rapi dan tampak menarik. Sampai tidak lagi terlihat bagian kerangkanya.
5.     Setelah ditempel, keringkan kerangka yang sudah ditempeli kulit telur sampai kering.
6.     Setelah kering, hias mapenbox yang setengah  jadi dengan cat sehingga terlihat menarik. Gambar bisa disesuaikan dengan trend. Seperti gambar-gambar paris atau motif vintage.
7.     Sesudah di cat, tunggu catnya sampai kering. Sebagai sentuhan terakhir agar Mapenbox terlihat lebih cantik dan menarik, mapenbox di cat lagi menggunakan cat pernis yang memberikan efek mengkilat.


2.     Pemasaran
Target utama dari usaha ini adalah kaum wanita. Remaja putri dan anak-anak. Untuk tempat pemasarannya, mapenbox bisa dijual di tempat penjualan alat-alat tulis, sun mor, malioboro dan lain-lain. Untuk pemasaran pertama adalah dimulai dari sun mor, saya memilih dari lokasi tersebut karena ramai dikunjungi masyarakat yogyakarta terutama mahasiswi dan ibu-ibu. Selain itu juga banyak yang menjual hand made yang bervariasi. Untuk tahap yang lebih lanjut akan dipasarkan pada tempat-tempat wisata di yogya, terutama Malioboro. Malioboro adalah salah satu tempat tujuan wisata para turis, oleh karena itu jika usaha ini semakin berkembang target pasar kami akan meluas sampai ke turis, ini merupakan prospek yang baik bagi keberlanjutan usaha.
Promosi merupakan salah satu tahap pemasaran yang penting. Promosi sangat membantu pengenalan produk kepada masyarakat apalagi produk yang dihasilkan merupakan produk baru sehingga dengan promosi yang baik akan meningkatkan popularitas dari kotak pensil multifungsi (Mapenbox). Promosi dilakukan dengan direct promotion (promosi langsung), penyebaran brosur, pamflet, selebaran, untuk tahap yang lebih lanjut membuat iklan di media cetak.

H.    JADWAL KEGIATAN
NO

NAMA KEGIATAN
Bulan ke-1
Bulan ke-2
Bulan ke-3
Bulan ke-4
Bulan ke-5
Minggu ke-
Minggu ke-
Minggu ke-
Minggu ke-
Minggu ke-
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
Persiapan bahan dan alat





















2
Publikasi dan promosi





















3
Pembuatan Marmer Pensil Box





















4
Pelaksanaan kegiatan





















5
Evaluasi pelaksanaan





















6
Penyusunan laporan






















I.       RANCANGAN BIAYA

No.
Uraian ( 5 bulan)
Jumlah
1
Bahan baku


a.      Kertas Karton tebal @5000x20
Rp. 100.000,-

b.     Lem Kayu @25000/500g x 8kg  
Rp. 200.000,-

c.      Cat Mowilex @50000/500g x 7 kg
Rp  350.000,-

d.     Cat pernis @20000/ botol x 6
Rp 120.000,-

e.      Air  @ 3.000/galon x 10 galon
Rp 30.000,-

f.        Detergen @ 10000/bungkus x4 bungkus
Rp. 40.000,-

Jumlah
Rp. 840.000,-

2
Peralatan


a. gunting @10000 x 5
Rp 50.000,-

b.meja + kursi
Rp. 250.000,-

c.baskom  @ 25.000 x 4 buah
Rp 100.000,-

d.pisau @ 20.000 x 4 buah
Rp 80.000,-

e.karpet 350000/m x 3 m
Rp 105.000,-

f.sapu
Rp 20.000,-

g.kotak sampah
Rp 20.000,-

i.Kain lap @ 5000 x 4
Rp 20.000,-

Jumlah
Rp. 645.000,-




3
Biaya  lain-lain


a.transportasi
Rp 500.000

b.dokumentasi (sewa kamera dan cuci cetak foto)
Rp 250.000,-

c.laporan dan penggandaan proposal;
Rp 90.000,-

d.promosi (cetak brosur, selebaran, pamflet)
Rp. 500.000,-

Jumlah
    Rp 1.340.000,-


Total keseluruhan biaya
 Rp 2.825.000,-


Biaya penyusutan peralatan perbulan
No
jenis
Jumlah alat
Harga (Rp)
Usia pakai (thn)
Biaya penyusutan (Rp/Bln)
1
gunting
5
50.000,-
1
6.000
3
Baskom
3
75.000,-
1
6.500
4
Pisau
4
80.000,-
1
7.000
8
Kain lap
4
20.000
1
1.700












Jumlah biaya penyusutan peralatan perbulan
Rp 21.200,-

Komentar

Postingan Populer