PENDAKIAN GUNUNG MERBABU VIA SELO BAGI PEMULA! (Part 3)

Assalamualaikum buk hajeeeee....
~hening~

Dibuka Bacaan ini dengan Gaya Ngalay

NAH!! sekarang Gue bakal ngelanjutin cerita gue lagi tentang gunung dan mendaki. Iya gue bakal cerita tentang pengalaman gue si pendaki pemula ini tentang gunung merbabu.

Awalnya pendakian kali ini diluar rencana karna gue dari jaman kapan pengen mendaki merbabu bareng sobib gue malah gak pernah kesampean, sampe akhirnya kita sibuk masing masing. Maklum bawaan mahasiswa semester akhir yang lagi digawatkan dengan skripsi demi gelar sarjana.
Kebetulan gue nimbrung di grup alumni sma yang isinya alumnus yang berkuliah di jogja. Tetiba gue di ajak salah satu adek kelas gue untuk nuncak ke merbabu. Awalnya sih ragu ragu. Tapi gue iyain akhirnya karna gue pengeeen banget berada di atas gunung lagi, menghirup udaranya yang aduhai... sejuknya bikin hati adem.

Ternyata itu bocah emang pentolan yang lagi cari rombongan buat mendaki merbabu... akhirnya dia buat grup siapa aja yang ngeiyain rencana naik merbabunya. Yang awalnya jumlah orang di grup itu ada 12 yang fix.. lama kelamaan menurun terus jumlahnya.. gue yang agak ragu-ragu mau ngebatalin tapi gak enak karena gue udah masuk itungan fix. Gue juga memperhitungkan karena gue gak kenal deket sama tuh bocah-bocah yang mau naik. Kenal yang hanya sekedar tau namanya dan gak pernah ngobrol sama sekali. Gue pikir ini pendakian bakal garing banget. tapi ternyata gue salah~ cus lanjut ke cerita...

Setelah H-1 kami menyiapkan apa saja peralatan dan keperluan muncak nanti. Gue dan salah satu adek kelas gue membeli keperluan dari bekal sampe obat obatan. Dia cerita dikit tentang perjalanannya dari bandung ke yogya yang nekat naek motor. Beh. Apa gak ilang itu pantatnya. Tapi ya namanya juga penasaran sama atas gunung. Niatnya emang kudu kuat... :v

Besoknya kita kumpul di kost pentolan yang paling niat daki ke merbabu, agak molor berangkatnya karna salah satu ada yang gak enak badan. Kita baru berangkat sekitar jam setengah 10 dari jogja, dan gue baru sadar diantara kami emang ada anak yang jago daki. Tapi dia belom sama sekali ke merbabu. Oemji hellow.... untungnya jaman sekarang serba canggih. Jadilah kita ke basecamp pake google map. Kita ngelewatin magelang.
U know lah ya kalo udah pake google map jadinya kemana mana tapi untungnya kita gak nyasar,tapi lewat jalur yang jalannya rusak pake banget. Lewat perkampungan warga. Haha.. untungnya kita cepet nyampe basecamp lewat jalur itu. Yaa sempet berhenti-berhenti karna motornya gak keangkat (itu sebenernya motor yang ngangkut gue, sadar diri sekarang. gue emang udah jadi timbunan lemak T_T )

Selesai itu kita nyampe basecamp, cuaca emang mendung banget dan........
ini catatan penting! Kita tidak memperhitungkan saat mendaki yaitu tanggal-tanggal liburan panjang.. itu basecamp rame banget kayak pasar. Gak lama dari kita istirahat di basecamp, hujan lebat pun menderaaa... yaaah. Bakal lama ini naeknya. Salah satu temen ada yang bawel dan bilang pengen pulang ajaa...
yaaa ampun.. perjalanan udah jauh, nyampe basecamp pengen pulang karna cuaca gak bagus? Gue mah bodo amat... kayak kata ibu Kartini, habis gelap terbitlah terang. Ini menandakan besok pas kita udah diatas cuaca mesti cerah banget. semangat gue udah membara banget buat menaklukan itu gunung. :O

Kita nunggu hujan sampe jam 2 dan jam setengah 3 akhirnya kita cus walopun yang bawel tadi pengen balik.. karna gak ada yang mau nemenin dia, akhirnya dia ikutan kita lanjut muncak. haha bukannya kita egois tapi kalo dihitung melalui suara anak2 yang pengan naik lebih banyak.. gue gak bisa juga memilih suara terkecil kan?

Perjalanan dari base camp ke post satu memakan waktu 3 jam. Itu dalam keadaan becek dan ramee pake banget. Itu yang mendaki sampe antri buat jalan karna jalanannya yang sempit. antri naik dan turun. Gue gak pernah liat gunung serame itu. :v di pertengahan jalan menuju post 1, hujan mulai dateng lagi. serba salah juga mau pake jaket takut kepanasan dan engap, belom lagi bawaan banyak banget. Tetiba dari arah belakang kita, ada suara riyuh motor tril lewat yang mengisyaratkan kita buat minggir dan mendahulukan motor tril dari tim sar itu lewat. Ternyata eh ternyata diatas hujannya deres, ada yang kena hipotermia. Yaaa ampun.. serem. tapi kita tetep lanjut setelah keriwehan terjadi.. gak lama berselang dari motor itu lewat ada tim sar dari atas bawa orang pake tandu.

Iya itu orang dibungkus kayak kepompong dan digotong sama tim sar. Duh semoga cepet sembuh dan balik ke semula deh mbaknya. Dan setelah sampai di post satu langit sudah gelap dan rintik hujan tambah deres. Akhirnya kita memutuskan untuk ngecamp aja di post 1, dan melanjutkan pendakian besok.

Malemnya ngisi tenaga dengan emi, sambil ngerumpi apa aja yang bisa dirumpiin, si cowo2 juga pada nimbrung. setelah agak lelah kita bercerita akhirnya kami balik ke tenda masing-masing.
Sekitar jam 3 kita udah pada bangun dan berkemas apa aja yang mau dibawa diatas, tenda kita tinggal dibawah. Akhirnya kita membawa keperluan yang dibawa dengan 2 carier. Yang bawa pastilah cowo yang pada berbadan gede. Eh gak juga.. ada yang kurus juga kuat bawa barang yang banyaknya tidak terkira itu. :v

Perjalanan dari post satu ke pos 2 kayaknya 45 menit. Normalnya sih 30 menit, karena kita banyak stopnya, maklum kalo subuh perjalanan dingin banget, ampe yang di dalem perut pengen ikut keluar. :v Dari Pos 1 menuju Pos 2 jalur masih terbilang agak landai dengan sedikit tanjakan, pemandangan sepanjang jalur juga sedikit lebih terbuka dari pada saat menuju ke Pos 1 yang dikelilingi hutan pinus, dan akan disuguhi pemandangan hutan hijau dengan bukit Pos 3 yang mulai terlihat, sebelum sampai di Pos 2 kita akan melewati sebuah tanjakan yang merupakan tanjakan terberat menuju ke Pos 2, di Pos 2 terdapat lahan yang cukup luas untuk istirahat dan mendirikan tenda. dan disini nafas gue cukup enggap karna udara yang mulai menipis dan dingin banget kena terpaan angin T_T

Lanjut aja nih perjalanan ke post 3
Nah, mulai dari Pos 2 ini jalur akan lebih banyak nanjak gitu deh dari pada landainya yang Cuma setitik. gue sih naiknya pelan asal pasti. cape dikit – stop – istirahat – makan permen - ambil nafas – terus naik lagi , ditambah lagi jalur yang bakal dilewati ini sedikit licin apalagi saat musim hujan, namun pemadangan yang ditawarkan juga tak kalah cucoknya gaees, mulai dari sini kita akan mendapatkan pemandangan indah hingga puncak. Keindahan jalur selo tuh mulai dari sini. Kita sudah bisa menyaksikan pemandangan lembah pegunungan dan bunga edelweis yang tumbuh disekitarnya. dipos III ini bisa mendirikan tenda karena dataran yang cukup luas ditemani dengan gagahnya gunung merapi.
Pos 3 sendiri berupa sebuah puncak bukit yang sangat luas dan bisa digunakan untuk mendirikan banyak tenda, namun karena sangat terbuka jadi cukup bahaya saat terjadi badai, disini kami stop sebentar liat matahari terbit sambil cekrek2 kecjeh sambil liat dede emesh gitulah.
Dari sini melihat megahnya gunung Merapi yang beuh manggil pengen minta dipanjat, kalian tinggal naik saja ke sebuah bukit di sebelah kiri, dari situ gunung Merapi akan terlihat sangat indah dengan dikelilingi awan, tentunya jika tidak ada kabut, estimasi waktu untuk sampai di Pos 3 sekitar 1 jam.
Track dari pos 2 menuju Pos 3 Batu tulis ini kita akan menghabiskan waktu kurang lebih 40 menit. Kayaknya sih. Gue gak terlalu liat jam. Pokoknya nanjaaaak terooss!!

disini ada batu yang banyak tulisan- namanya batu tulis. tapi boong :p

cekrek dikit kedjeh

beginilah pos 3  kalo dari atas

Tadaaaaa!! Inilah jalur yang paling berat saat mendaki gunung Merbabu via Selo, dari Pos 3 menuju sabana 1.
Harus melewati jalur yang sangat menanjak dengan kemiringan lebih dari 60 derajat nan licin habis diinjek orang banyak. Sekali naek kayak jantung gue mau lepas (wkwk bawaan penuaan dini) jadilah gue naik sepatah-sepatah. Kadang ketinggalan juga sama temen temen lain. Alasan gue sih pelan asal selamat.

Jalur yang dilewati ini berupa tanah merah yang sangat berdebu ketika musim kemarau dan akan sangat licin ketika hujan. Banyak percabangan di sepanjang jalan. So, be carefull yaa gaess. Keluarga menunggu kita dirumah dan turun dengan selamat (mengheningkan cipta dimulai~)

Namun kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa hingga Sabana 1, deretan kebun bunga Edelweis kayak tadi akan menemani kita sampai di atas bukit tersebut, dari atas bukit itu biasanya para pendaki menyaksikan keindahan matahari terbit di Merbabu dengan gunung Merapi yang dikelilingi awan, estimasi waktu untuk sampai di Sabana 1 sekitar 2 jam kalo itu pelan kayak siput. Kalo gak banyak istirahat sih kayaknya 1 jam kurang deh.. mungkin sekitar 45 menit.

ciye sih emas tau aja difoto
kabut mulai turun

kalo liat aslinya sih rame. boleh juga buka warung kelontong disini

Sebagian pendaki pemula sih biasanya hanya sampai di sabana 1 saja, selain treknya yang ampuun deh bang, dede lelah pengen nikah aja! Dan tentunya melelahkan~ pemandangan di sabana 1 juga sudah cukup memuaskan dahaga kangen gunung.. udah dingin sih dan pemandangannya udah oke banget. Sebenernya dalam hati gue juga pengennya ampe post 1 kalo gue udah engap dan gak bisa jalan lagi. Tapiii.. karna rasa semangat gue masih berkobar pengen naek lagi dan naek lagi.. kita pendaki pemula yang tidak biasa ini lanjooot lagi~~~~

Sabana 1 merupakan sebuah lahan sebesar lapangan dengan pemandangan rerumputan hijau dan beberapa bukit2 teletabis. Gue berhayal disana beneran ada teletabis T_T
Disini juga banyak yang menggunakannya untuk mendirikan tenda malah kayak pemukiman warna warni kata gue mah sangking ramenya, dinamakan sabana karena sejauh mata memandang kita bisa melihat rerumputan hijau layaknya sebuah padang sabana rumput.

Hoo iya di lokasi ini wajib banget bagi elo-elo ya gaes untuk berfoto ria dulu. Dari pada elo- elo pada syedih. Perjalanan menuju ke Sabana 2 ini harus menuruni gunung lewati lembah.. eh salah maksudnya mendaki bukit lagi (dikira ninja hatori kalik!)
 Tapi tenang walaupun jalurnya cukup licin namun tidak terlalu menanjak, estimasi waktu untuk sampai di Sabana 2 sekitar 1 jam kalo lo santai santai sambil minum kopi. 30 menit aja cukup kok.. berhentinya bentar aja sambil ngemutin madurasa misal- gabakal kerasa capenya.

senyum dikit kek bruh!

nah nah itu yang di bawah keliatan sabana 1

mau naik ke watu lumpang nih

Kayaknya sebagian besar pendaki memilih untuk mendirikan tenda terakhir sebelum tempur (summit attack ) di Sabana 2, selain tempatnya yang luas, pemandangannya juga sangat indah bak tempat tinggal bidadari, disini juga bisa melihat bunga Edelweis yang tumbuh subur dan tinggi. sayang pas gue kesana si ntu bunga lagi gak tumbuh -__-

Untuk menuju puncak dari sabana 2 membutuhkan waktu sekitar 1 jam, tapi kalo sampe pos watu lumpang cuma 30 menit dengan jalur bervariasi, mulai dari menurun, landai hingga menanjak lagih, sebenarnya bisa mendirikan tenda di Watu Lumpang yaitu sebuah tempat terakhir sebelum sampai puncak, namun harus menuruni bukit lagi dan melewati tanjakan yang cukup tinggi terlebih dahulu, hebat kan kita. ini merbabu hobi PHP kek mantan yang tarik-ulur (eaak!) Dikira udah nyampe puncak. eh setelah liat lagi masih ada puncak yang lebih tinggi yang kudu ditaklukan T_T.
biasanya banyak pendaki mulai summit attack jam 3 pagi dan istirahat disana. lah kita mah tenda di bawah.. setelah narik nafas bentar kita lanjoot lagi ampe puncak.
(jeritan dalam hati --> hmm.. Gue bersyukur juga ninggalin tenda di bawah. gue gak kebayang kalo gue bawa carier yang segede gaban itu ampe dimari. langsung kurus kalik yaa.. (Alhamdulillah) )

Ini post terakhir dan aku bahagiaaa. bentar lagi menuju puncak gemilau cahaya~ *aelah malah nyanyi

Pengetahuan sedikit nih.

Gunung Merbabu itu punya 3 puncak di atas palanya, yaitu puncak Kenteng Songo yang berada di tengah (3.142 Mdpl), Triangulasi yang berada di kiri (3.142 Mdpl), dan puncak Syarif yang berada di kanan (3.119 Mdpl).
Biasanya banyak pendaki memilih berada di puncak Kenteng Songo karena paling hitz dan berada di tengah2 diantara' '3 puncak itu. tapii kayaknya Puncak triangulasi juga oke deh.. karna kenteng songo ramenya kayak apa banget. Gue liat dari bawah kayaknya orang-orang yang ada di atas sana nyempil-nyempil kaga ada pijakan gituh.
So..yang manapun itu puncaknya, terserah kalian aja yang mau naik milih yang mana.
Nah bagi kalian yang ingin mendaki di gunung Merbabu via Selo, jangan lupa membawa logistik yang cukup dan perbekalan air yang banyak karena perlu d'iingat jalur ini tidak terdapat sumber air sepanjang jalur hingga puncak, disarankan juga untuk mendirikan tenda terakhir di Sabana 2 saja.. kalo ampe atas ya ngerii. anginnya gak nyantai bruh.

And the last. gue inget pas turun kaki gue udah mau gemetar hebat kayak ada engsel di lutut gue yang lepas.HAHA.
jadilah gue turun sambil lari dengan keadaan jalan licin-curam-dan rame!! ada temen gue yang berniat berbaik hati mau bantuin turun tapi gue udah kaga bisa lambat turunnya. boleh dicoba turun sambil lari kalo kalian punya nyali kuat untuk ngegelundung, terperosok dan diketawain orang (ini berdasarkan pengalaman). dan turun itu bentar banget. dari puncak ke pos 1 lagi. itu cuma membutuhka waktu 2 jam gak nyampe. tapi tetep yaa.. hati-hati.
Naik ataupun Turun gunung juga bisa jadi ajang modus loh yaa. yang cewe! Brave ur self!! wkwkwk...